SELAMAT DATANG DI WEB REGINA WAREMRA

Minggu, 23 Desember 2018

RPP K13 Matematika SMA

RPP adalah salah satu hal penting yang harus dibuat sebelum mengajar. Kenapa??
Karena RPP membantu kita untuk lebih memahami langkah-langkah pembelajaran nantinya selain itu RPP juga membantu kita untuk lebih tahu arah dan tujuan pembelajaran kita.

Banyak banget para calon guru dan guru yang masih bingung dengan format RPP K13. Aku juga agak masih bingung sih dikit. Kebetulan pas aku cari-cari referensi untuk RPP K13, aku nemuin web yang bisa bantu kalian buat nyusun RPP K13.

Jadi, ini adalah contoh RPP Kurikulum 2013 SMA untuk mata pelajaran matematika.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                         :         SMA Negeri 12 Makassar
Mata pelajaran          :         Matematika (Peminatan)
Kelas/Semester         :         XI/ 1
Alokasi Waktu           :          2 x 45 menit
A.       Kompetensi Inti

KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami ,menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode keilmuan


B.       Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 3.1
Menjelaskan dan menentukan penyelesaian persamaan trigonometri
3.1.1
Menurunkan identitas trigonometri dasar


3.1.2
Membuktikan identitas trigonometri dasar


3.1.3
Menjelaskan pengertian invers Fungsi Trigonometri


3.1.4
Menentukan nilai fungsi invers fungsi trigonomeri


3.1.5
Menyelesaikan persamaan trigonometri dasar


3.1.6
Menyelesaikan persamaan trigonometri sin px = a, cos px = a dan tan px = a


3.1.7
Menyelesaikan persamaan trigonometri linear

3.1.8
Menyelesaikan persamaan trigonometri dengan memfaktorkan
3.1.9
Menyelesaikan persamaan trigonometri dengan menggunakan rumus kuadrat


3.1.10
Menyelesaikan persamaan trigonometri yang memuat lebih dari satu fungsi trigonometri


3.1.11
Menyelesaikan persamaan trigonometri yang memuat ukuran sudut yang berbeda
KD 4.1
Memodelkan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan trigonometri
4.1.1
Menunjukkan variabel dari permasalahan yang berkaitan persamaan trigonometri


4.1.2
Membuat model matematika permasalahan yang berkaitan persamaan trigonometri


4.1.3
Merumuskan penyelesaian permasalahan yang berkaitan persamaan trigonometri


4.1.4
Merumuskan penyelesaian permasalahan yang berkaitan persamaan trigonometri


4.1.5
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan persamaan trigonometri


4.1.6
Membuat contoh permasalahan dan penyelesaiannya berkaitan dengan persamaan trigonometri

C.        Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model discovery learning yang dipadukan dengan metode mind mapping dan teknik ATM melalui pendekatan saintifik yang menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, peserta didik dapat menjelaskan dan menentukan penyelesaian persamaan trigonometri.

Selain itu, peserta didik dapat memodelkan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan trigonometri, dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D.       Materi
o   Identitas Trigonometri
o   Persamaan Trigonmetri
o   Masalah yang Berkaitan Persamaan Trigonometri


E.        Metode Pembelajaran
Pendekatan              :     Saintifik
Metode                       :     Mind mapping, teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
Model                          :     Discovery learning

F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 15 : Tes Praktik (Penilaian Terlampir)
Sintaks
Waktu
KEGIATAN PENDAHULUAN
1.       Memberi salam, dan berdoa’ sebelum belajar;
2.    Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
3.    Membahas PR; 
4.    Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dalam tes praktik, dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan persamaan trigonometri
5.    Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan di evaluasi akhir keterampilan tentang persamaan trigonometri

10’

KEGIATAN INTI

Stimulation (Memberi Stimulus)
Melakukan tes praktik berkaitan dengan materi yang telah dipelajari yaitu tentang persamaan trigonometri
70’
KEGIATAN PENUTUP
1.       Bersama dengan guru membahas pedoman penilaian tes praktik, untuk melihat ketercapaian kompetensi berdasarkan materi yang telah dipelajari.
2.       Memberikan tugas portofolio kepada peserta didik, dan mengingatkan peserta didik untuk belajar kembali terutama bagi yang harus mengikuti pembelajaran remedial.
3.       Memberi salam.

10’

G.       Penilaian
1.    Teknik Penilaian:
a)        Penilaian Sikap                   :     Observasi/pengamatan
b)        Penilaian Pengetahuan   :     Tes Tertulis
c)        Penilaian Keterampilan  :     Unjuk Kerja/ Praktik dan Proyek
2.    Bentuk Penilaian         :    
1.         Observasi              :     lembar pengamatan aktivitas peserta didik
2.         Tes tertulis           :     uraian dan lembar kerja
3.         Unjuk kerja          :     lembar penilaian presentasi
4.         Proyek                   :     lembar tugas proyek dan pedoman penilaian

             3.    Instrumen Penilaian (terlampir)
             4.    Remedial
-         Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
-         Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
-         Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

             5.       Pengayaan
-         Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Ø  Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Ø  Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

H.       Media/Alat dan Sumber Belajar

           1.       Media/Alat         : Lembar Kerja, Penggaris, Papan Tulis/White Board, LCD
           2.       Sumber Belajar :
a.     Buku Matematika (Peminatan) Kelas XI, Karangan: Sukino, Penerbit Erlangga Tahun 2017
b.    Buku Matematika (Peminatan) Kelas XI, Karangan: Marthen Kanginan, Penerbit Yrama Widya Tahun 2017
c.     Buku Trigonometry, Karangan: Cynthia Young. Penerbit Johan Wiley & Sons Tahun 2012
d.    Buku Algbera 2 And Trigonometry, Karangan: Ann Xavier Gantert. Penerbit AMSCO Tahun 2009
e.     Internet.


Makassar,    16  Juli 2018
Mengetahui       
Kepala SMA Negeri 12 Makassar,                                             Guru Mata Pelajaran,



Mashari, S.Pd.,M.Si.                                                                   Muhammad Arif,S.Pd., M.Pd.
NIP. 196702221992032014                                                      NIP. 198105162004111001


INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Satuan pendidikan            : SMA Negeri 12 Makassar
Tahun pelajaran                              : 2018/2019
Kelas/Semester                               : XI / Semester I
Mata Pelajaran                                 : Matematika (Peminatan)

No
Waktu
Nama
Kejadian/
Perilaku
Butir Sikap
Pos/
Neg
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10








INSTRUMEN TES TERTULIS

Satuan Pendidikan      :         SMA Negeri 12 Makassar
Mata Pelajaran               :         Matematika (Peminatan)
Kelas/ Semester            :         XI/ 1
Kompetensi Dasar       :         3.1 Menjelaskan dan menentukan penyelesaian persamaan trigonometri.
IPK                                          :        
1.1.6         Menyelesaikan persamaan trigonometri sin px = a, cos px = a dan tan px = a
1.1.7         Menyelesaikan persamaan trigonometri linear
1.1.8         Menyelesaikan persamaan trigonometri dengan memfaktorkan
3.1.10  Menyelesaikan persamaan trigonometri yang memuat lebih dari satu fungsi trigonometri
Materi Pokok                   :        Persamaan trigonometri
 

Rubrik Penilaian

Nama siswa/kelompok           :  …………………………………………………
Kelas                                                   : ………………………………………………….

No
Kategori
Skor
Alasan
1.
3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur  penyelesaian yang dikerjakan?


2.
Apakah gambar dibuat dengan tepat dan sesuai dengan konsep?


3.
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?


4.
Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari?


5.
Apakah dibuat kesimpulan?


Jumlah




Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian dalam menyusun RPP ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar