SELAMAT DATANG DI WEB REGINA WAREMRA

Rabu, 19 Desember 2018

Sejarah Matematika

Kita tahu bahwa matematika adalah ilmu yang sudah ada sejak dulu kala. Begitu banyak perkembangan dalam ilmu ini juga. Seperti perkembangan yang terjadi pada zaman-zaman ini:

  1. Pada zaman Mesopotamia, menentukan sistem bilangan dan sistem berat serta ukur untuk pertama kalinya. Tahun 2500 SM, sistem desimal tidak lagi digunakan dan lidi diganti oleh notasi berbentuk baji.
  2. Pada zaman Babilonia, sistem desimal dan phi sudah digunakan. Geometri astronomi, aritmatika sudah berkembang menjadi aljabar. Selain itu kalkulator dan teorema Pythagoras pun sudah digunakan.
    Sistem Bilangan Babilonia
  3. Pada zaman Mesir Kuno, rumus menghitung luas dan isi serta tripel Pythagoras sudah digunakan. Tahun 3100 S,  sistem bilangan dan simbol serta sistem angka bercorak aditif dan aritmatika serta sistem angka sudah dikenal. Tahun 300 SM, sistem bilangan berbasis 10 sudah digunakan.
    Sistem Bilangan Mesir Kuno
  4. Pada zaman Yunani Kuno, Pythagoras membuktikan teorema Pythagoras secara matematis, Al Khwarizmi mencetus konsep nol, Archimedes mencetuskan nama parabola dan membuat geometri bidang datar. Selain itu juga Hipassus penemu bilangan irrasional, Diophantus penemu aritmatika, dan bilangan prima sudah dikenal pada zaman ini.
    Sistem Bilangan Yunani Kuno
  5. Pada zaman India, Aryabtha (4018 SM) menemukan hubungan keliling sebuah lingkaran dan memperkenalkan pemakaian nol dan desimal. Brahmagyupta menemukan bilangan negatif, geometrinya sudah mengenal tripel Pythagoras, teorema Pythagoras, tranformasi dan segitiga pascal.
    Sistem Bilangan India
  6. Pada zaman China, tahun 3000 SM sifat-sifat segitiga siku-siku sudah dikenal. Angka negatif, bilangan desimal, sistem desimal, sistem biner, aljabar, geometri, trigonometri dan kalkulus telah dikembangkan. Metode untuk memecahkan beberapa jenis persamaan juga telah ditemukan salah satunya adalah sistem horner.
    Sistem Bilangan China
Dari penjelasana diatas membuktikan bahwa matematika adalah ilmu yang sudah ada sejak dulu. Perkembangan matematika sungguh luar biasa dan akhirnya menjadi ilmu yang sangat penting sampai saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar