SELAMAT DATANG DI WEB REGINA WAREMRA

Minggu, 23 Desember 2018

RPP K13 Matematika SMP

RPP adalah salah satu hal penting yang harus dibuat sebelum mengajar. Kenapa??
Karena RPP membantu kita untuk lebih memahami langkah-langkah pembelajaran nantinya selain itu RPP juga membantu kita untuk lebih tahu arah dan tujuan pembelajaran kita.

Apalagi sekarang sudah diterapkan Kurikulum 2013, ada masih banyak calon guru dan guru-guru diluar sana yang masih kurang paham mengenai RPP K13 ini. 

Jadi, ini adalah salah satu contoh RPP Kurikulum 2013 SMP untuk mata pelajaran matematika




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)
 
Sekolah          
:  SMP Negeri 19 Ambon

Mata Pelajaran
:  Matematika

Kelas/Semester
:  IX/Ganjil

Materi Pokok
: Fungsi Kuadrat

Waktu
:  2 × 40 menit (1 x Pertemuan)

 

A.      Kompetensi Inti

KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak didik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara dan kawasan regional.

KI 3 : Memahami  dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah dan menyajikan secara kreatif, produktif kritis, mandiri, kolaboratif dan komunikatif dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajarinya di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.


B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
4.3 Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan dan grafik.
4.3.1 Menentukan nilai minimum atau nilai maksimum dari suatu fungsi kuadrat.
4.3.2 Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan dan grafik.


C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
1.    Menentukan nilai minimum dari suatu fungsi kuadrat,
2.    Menentukan nilai maksimum dari suatu fungsi kuadrat.
Nilai karakter: Religius, jujur, kerja sama, bertanggung jawab, disiplin.
D.      Materi  Pembelajaran
1.    Nilai minimum
2.    Nilai maksimum

E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran            : Scientific
Model Pembelajaran                    : Discovery Based Learning
Metode Pembelajaran                  : Diskusi

F.       Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1.         Papan tulis
2.         Spidol
3.         Penggaris
4.       Kementrian pendidikan dan kebudayaan 2018. Buku Guru SMP/MTs Kelas IX Matematika   Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
5.      Kementrian pendidikan dan kebudayaan 2018. Buku Siswa SMP/MTs Kelas IX Matematika Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
6.        Bahan ajar
7.        LKS

G.      Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Langkah-langkah Model pembelajaran Discovery Based Learning
Kegiatan  Pendahuluan
Orientasi:
a.    Memberikan salam dan membuka pelajaran.
b.     Berdoa bersama peserta didik.
c.     Memeriksa kehadiran peserta didik.
Apersepsi:
a.    Mengingatkan peserta didik tentang materi yang dipelajari sebelumnya.

b.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Pentingnya mempelajari materi fungsi kuadrat.

Pemberian Acuan
a.    Memberitahukan materi pembelajaran yang akan dibahas hari ini.
b.    Memberitahukan kompetensi dasar, indikator, tujuan, model dan metode pembelajaran hari ini.

c.    Membagi peserta didik dalam beberapa kelompok yang heterogen dan beranggotakan 4-5 orang.
d.    Penjelasan mekanisme pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
e.    Membagikan LKS  kepada tiap-tiap kelompok.


a.    Memberikan salam kepada guru.
b.    Memimpin doa.
c.    Menyimak absen yang dibacakan guru.



a.    Memperhatikan penjelasan guru.

b.    Menjawab pertanyaan yang diberikan guru.


Memperhatikan dan memberi respon terhadap penjelasan guru
a.    Memperhatikan penjelasan guru mengenai materi hari ini.
b.    Memperhatikan penjelasan guru mengenai kompeteni dasar, indikator, tujuan, model dan metode pembelajaran.
c.    Menempati kelompok yang telah ditentukan.


d.    Memahami mekanisme pelaksanaan pembelajaran.
Setiap kelompok menerima LKS yang dibagikan oleh guru.
10’

2’



5’







3’

Kegiatan  Inti

a.       Guru memberikan rangsangan terhadap peserta didik berdasarkan masalah yang diberikan pada LKS  dengan penjelasan yang secukupnya.
b.      Guru menayangkan gambar foto atau video yang relevan.


c.       Guru mengarahkan peserta didik unutk mengamati Lembar Kerja dan contoh-contoh mengenai nilai minimum dan nilai maksimum.





d.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membaca buku yang berhubungan dengan nilai minimum dan nilai maksimum.

e.       Guru mengarahkan peserta didik untuk menulis resume dari hasil pengamatan.


f.       Guru memberikan penjelasan mengenai materi nilai minimum dan nilai maksimum.
g.       Guru menjawab respon yang diajukan oleh peserta didik mengenai penjelasan yang sudah diberikan.
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberikan rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi nilai minimum dan nilai maksimum dengan cara:
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Tayangan gambar, foto atau video yang relevan.
Mengamati
a.     Lembar Kerja materi nilai minimum dan nilai maksimum.
b.     Pemberian contoh-contoh nilai minimum dan nilai maksimum untuk dapat dikembangkan peserta didik.


Membaca
Peserta didik membaca buku paket atau buku penunjang materi yang berhubungan dengan nilai minimum dan nilai maksimum.
Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan baca terkait nilai minimum dan nilai maksimum.
Mendengar
Mendengar pemberian materi nilai minimum dan nilai maksimum oleh guru.
Menyimak
Menyimak penjelasan pengantar materi mengenai nilai minimum dan nilai maksimum.
52’











3’




2’


5’



10’
Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)


Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran
Berpikir Kritik
Peserta didik bertanya mengenai materi nilai minimum dan nilai maksimum yang belum dipahami berdasarkan pengamatannya.


2’
Problem Statement (pertanyaan/identifikasi masalah)





a.    Guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati obyek yang berkaitan dengan materi nilai minimum dan nilai maksimum.
b.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membaca buku lain secara disiplin.















c.    Guru menjawab pertanyaan yang peserta didik berikan mengenai materi nilai minimum dan nilai maksimum yang belum dipahami peserta didik.

d.    Guru membimbing peserta didik dalam berdiskusi kelompok.
Kegiatan Literasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang diindentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek
Mengamati dengan seksama materi nilai minimum dan nilai maksimum yang sedang dipelajari.
Membaca sumber lain selain buku paket
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca dari berbagai referensi guna menambah pengetahun dan pemahaman tentang materi nilai minimum dan nilai maksimum.
Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dipahami dari kegiatan mengamati dan membaca yang diajukan kepada guru berkaitan dengan materi nilai minimum dan nilai maksimum.
Wawancara
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi nilai minimum dan nilai maksimum yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
Kerjasama
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
Peserta didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai materi nilai minimum dan nilai maksimum.

Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi nilai minimum dan nilai maksimum yang telah diperoleh dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri mengenai nilai minimum dan nilai maksimum sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi
Peserta didik saling tukar informasi mengenai nilai minimum dan nilai maksimum dengan ditanggapi oleh peserta didik dari kelompok lain.























15’









Data collection (pengumpulan data)

Kerjasama dan Berpikir Kritik
a.    Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara berdiskusi dan mengolah informasi.
b.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi nilai minimum dan nilai maksimum.


Data processing (pengolahan data)

a.    Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hasil pengamatannya dengan teman kelompoknya.



b.    Guru secara bersama-sama dengan peserta didik membahas jawaban soal.
Berpikir Kritik
a.    Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber.
b.    Peserta didik secara bersama-sama dengan guru membahas jawaban soal.
10’
Verification (pembuktian)




















Membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi nilai minimum dan nilai maksimum.

Berkomunikasi
a.    Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan.
b.    Peserta didik menyampaikan hasil diskusi tentang materi nilai minimum dan nilai maksimum berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan atau tertulis untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis dan mengungkapkan pendapat dengan sopan.
c.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal mengenai materi nilai minimum dan nilai maksimum.
d.    Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang nilai minimum dan nilai maksimum dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
e.    Bertanya atas presentasi tentang materi nilai minimum dan nilai maksimum yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
Kreativitas
a.    Menyimpulkan tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
b.    Menjawab pertanyaan tentang materi nilai minimum dan nilai maksimum.
c.    Bertanya tentang hal yang belum dipahami berkaitan dengan materi nilai minimum dan nilai maksimum.





















5’
Generalization (menarik kesimpulan)
Kegiatan  Penutup
a.    Guru membimbing peserta didik untuk membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi nilai minimum dan nilai maksimum yang baru dilakukan.

b.    Guru memberikan soal sebagai evaluasi mengenai materi nilai minimum dan nilai maksimum.
c.    Memberikan tugas rumah
d.    Guru menginformasikan tentang materi pada pertemuan berikutnya.

e.    Berdoa bersama-sama dengan peserta didik.
f.     Guru mengakhiri  kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
a.       Peserta didik membuat resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang mucul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi nilai minimum dan nilai maksimum yang baru dilakukan.
b.      Peserta didik mengerjakan soal sebagai evaluasi secara individu.

c.       Mencatat tugas rumah.
d.      Mencatat informasi mengenai materi pada pertemuan berikutnya untuk dipelajari di rumah.
e.       Memimpin doa.

f.       Memberi salam guru.





10’

3’
2’


3’


H.    Penilaian (Terlampir)
Teknik                   : Penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan
Bentuk Instrumen : Tes uraian




         Ambon,     November 2018
  

                         Mahasiswa PPL




                                                                                                       Regina Waremra
NIM. 201442014





    Dosen Pembimbing                                                                                   Guru Pamong



    Dr.La Moma, M.Pd                                                                          Ny. M. R. Seilatu, S.Pd
NIP. 197710232005011001                                                               NIP. 196303031991032006



Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 19 Ambon





Ny. C. Berhitu/T, S.Pd, M.Pd
NIP. 195905181980032002







Lampiran 1
 
Lembar Penilaian Sikap
Bubuhkan tanda check () pada kolom-kolom sesuai dengan hasil pengamatan.
No
Nama Pesera Didik
Sikap
Religius
Jujur
Kerja sama
Bertanggug
Jawab
Disiplin
SB
B
KB
SB
B
KB
SB
B
KB
SB
B
KB
SB
B
KB
1.
















2.
















3.
















4.
















5.
















6.
















7.
















8.
















9.
















10.
















11.
















12.
















13.
















14.
















15.
















16.
















17.
















18.
















19.
















20.
















21.
















22.
















23.
















24.
















25.
















26.
















27.
















28.
















29.

















Keterangan:
SB       : Sangat Baik
B         : Baik
KB      : Kurang Baik



Lampiran 2
 
Lembar Penilaian Pengetahuan

Tentukan apakah fungsi-fungsi kuadrat berikut mempunyai nilai minimum atau nilai maksimum. Tentukan nilainya!
1.       
2.       
No.
Penyelesaian
Skor
1.





2.
Karena nilai , maka parabola terbuka ke atas sehinga yang ada hanya nilai minimum. Nilai minimumnya adalah
Jadi, untuk fungsi  mempunyai nilai minimum yaitu .

Karena nilai , maka parabola terbuka ke bawah sehinga yang ada hanya nilai maksimum. Nilai maksimumnya adalah
Jadi, untuk fungsi mempunyai nilai maksimum yaitu .

10


20
10

10


20


10


Pedoman penilaian:





Lampiran 3

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
Indikator terampil adalah konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan berkaitan dengan menentukan nilai minimum dan maksimum dari suatu fungsi dalam menyelesaikan masalah :
1.      Kurang terampil jika sekali tidak dapat menentukan nilai minimum dan maksimum dari suatu fungsi.
2.      Terampil jika menunjukkan adanya usaha untuk menentukan nilai minimum dan maksimum dari suatu fungsi.
3.      Sangat terampil jika sudah menunjukan usaha untuk menentukan nilai minimum dan maksimum dari suatu fungsi.
4.      Bubuhkan tanda check () pada kolom-kolom sesuai dengan hasil pengamatan.

No.

Kelompok/nama siswa
Keterampilan
Menerapkan   konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST

Kelompok 1



1.




2.





Kelompok 2



1.




2.





Kelompok 3



1.




2.





Kelompok 4



1.




2.





Kelompok 5



1.




2.





Kelompok 6



1.




2.





Keterangan :
KT       : Kurang Terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat Terampil  



Semoga  bermanfaat ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar