SELAMAT DATANG DI WEB REGINA WAREMRA

Rabu, 19 Desember 2018

Tokoh Matematika

Perkembangan matematika begitu luar biasa dari waktu ke waktu. Perkembangan ini tidaklah terjadi begitu saja, tetapi ada tokoh-tokoh penting dibalik perkembangan matematika sampai saat ini, seperti:

  1. Thales (624-550 SM), Thales dapat disebut matematikawan pertama yang merumuskan teorema atau proposisi. Tradisi ini menjadi lebih jelas setelah dijabarkan oleh Euclid. Landasan matematika sebagai ilmu terapan rupanya diletakkan oleh Thales sebelum munculnya Pythagoras yang membuat bilangan.
    Thales
  2. Pythagoras (582-496 SM), Pythagoras adalah orang yang pertama kali mencetuskan aksioma-aksioma, postulat-postulat yang perlu dijabarkan terlebih dahulu dalam mengembangkan geometri. Pythagoras bukan orang yang menemukan teorema namun ia berhasil membuat pembuktian matematis. Ia pun menemukan if-2 sebagai bilangan irrasional.
    Pythagoras
  3. Euclides (325-265 SM), Euclides disebut Bapak Geometri karena menemukan teori bilangan dan geometri. Subyek-subyek yang dibahas adalah bentuk-bentuk, teorema Pythagoras, persamaan dalam aljabar, lingkaran, tangen, geometri ruang, teori proporsi dan lain-lain. Alat-alat temuan Euclides antara lain mistar dan jangka.
    Euclides
  4. Archimedes (287-212 SM), Archimedes mengaplikasikan prinsip fisika dam matematika serta menemukan perhitungan phi dalam menghitung luas lingkaran. Ia adalah ahli matematika terbesar sepanjang zaman dan di zaman kuno. Tiga karya Archimedes membahas geometri bidang datar, yaitu pengukuran lingkaran, kuadratur dari parabola dan spiral.
    Archimedes
  5.  Appolonius (262-190 SM), konsep Appolonius mengenai parabola, hiperbola dan elips banyak memberi sumbangan bagi astronomi modern. Ia merupakan seorang matematikawan yang ahli dalam geometri.
    Appolonius
  6. Diophantus (250-200 SM), Diophantus merupakan Bapak Aljabar bagi Babilonia yang mengembangkan konsep-konsep aljabar Babilonia. Karya besar Diophantus berupa buku aritmatika, sistem aljabar. Bagian yang terpelihara dari aritmatika Diophantus berisi pemecahan kira-kira 130 soal yang menghasilkan persamaan-persamaan tingkat pertama.
    Diophantus

Ternyata dibalik rumus-rumus, teorema-teorema, aksioma-aksioma matematika yang begitu banyak ada sosok yang luar biasa ya. Untuk menghargai pengorbanan mereka yang sudah menemukan cara-cara yang memudahkan kita, sudah sepatutnya kita belajar lebih lagi apalagi belajar matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar